Minggu, 17 Februari 2019

Aplikasi pembatas hak wanita Saudi

Hallo,
Semakin maraknya perkembangan teknologi saat ini, perkembangan sebuah aplikasi smartphone pun ikut berkembang, yang tanpa disadari mempengaruhi berbagai bidang kehidupan kita. Seperti hal nya di Arab Saudi, wanita membutuhkan izin dari wali laki-laki atau suami agar mereka dapat berpergian ke luar negeri. Aplikasi smartphone yang disebut Absher, digunakan untuk membatasi hak-hak wanita Arab Saudi. Karena aplikasi tersebut memberikan akses ke sejumlah layanan pemerintah Arab Saudi yang memungkinkan laki-laki atau suami menyetujui atau menolak izin perjalanan ke luar negeri yang dilakukan oleh wanita.

GETTY IMAGES - BBC

Kisah baru-baru ini tentang wanita yang berhasil meninggalkan negara tersebut melawan keinginan seorang saudara laki-lakinya telah menyoroti peran teknologi dalam mengawasi pergerakannya.

Peneliti senior hak-hak perempuan, Rothna Begum dari kelompok kampanye Human Rights Watch menjelaskan, bagaimana sistem tersebut bisa mempengaruhi setiap wanita Saudi ketika dia berpergian.

"Dia tidak bisa meninggalkan bandara tanpa izin. Pihak berwenang akan tahu apakah dia telah diberi izin atau tidak. Jika wali telah meminta pemberitahuan, ketika dia meninggalkan bandara, dia akan menerima peringatan SMS," jelasnya.

Menurut Rothna, penyedia aplikasi seharusnya menunjukkan bahwa aplikasi tidak memfasilitasi penyalahgunaan dan diskriminatif. Dia telah meminta Apple dan Google untuk bertindak.

Menghapus aplikasi bukan berarti akhir dari sistem perwalian pria. Portal web pemerintah Saudi memiliki fungsi yang sama, memungkinkan pelacakan perempuan. Human Rights Watch percaya tindakan perusahaan teknologi akan meningkatkan tekanan pada pemerintah untuk menyingkirkan aplikasi tersebut.
-Dikutip dari BBC.

Sereem juga teman-teman,🙈🙈🙈 sampai segitunya. padahal kan itu sama saja melanggar hak privasi seseorang.😞
loading...

0 komentar:

Posting Komentar