Jumat, 15 Februari 2019

Konsep WEB dan INTERNET pada E-BUSINESS

Hallo,
Pada artikel ini, saya akan menjelaskan secara singkat mengenai Konsep web dan internet Pada E-Business yang dulu pernah saya pelajari dibangku kuliah....

Konsep web dan internet pada e-business
Ok kita langsung saja pada pembahasannya..😁
Internet adalah kumpulan dari berbagai jaringan komputer yang saling interkoneksi yang mencakup seluruh dunia (jaringan global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telephone, fiber-optic, wireless dan lainnya.

WWW (World Wide Web) adalah salah satu bentuk layanan yang dapat diakses melalui internet, biasa disingkat dengan web dan merupakan sekumpulan dokumen, gambar-gambar, dan bentuk resources yang lainnya yang berhubungan melalui hyperlinks dan URLs.

Protokol merupakan bahasa/software standar untuk mengatur komunikasi jaringan komputer. Sedangkan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang menentukan aturan yang perlu diikuti oleh web browser dalam meminta dan mengambil suatu dokumen dan oleh web server dalam menyediakan dokumen yang diminta oleh web browser. Protokol ini merupakan protokol standar yang digunakan untuk mengakses dokumen HTML.

URL (Uniform Resource Locator) digunakan untuk menentukan lokasi informasi pada suatu web server. DNS (Domain Name System) adalah suatu sistem penamaan standar komputer-komputer di internet dengan tujuan untuk mempermudah pengelolaan server komputer internet. DNS merupakan suatu tingkat-tingkat domain, yang merupakan kelompok komputer-komputer yang terhubung ke internet.

Dalam dunia internet selalu terdapat dua sisi yang saling mendukung, yaitu :

  1. Server : Penyedia berbagai layanan termasuk web. Layanan web ditangani oleh sebuah aplikasi bernama web server.
  2. Client : Bertugas mengakses informasi yang disediakan oleh server. Pada layanan web, clint dapat berupa web browser.

Konsep web dan internet pada e-business

Ada dua Kategori Web Programming yaitu :

Konsep web dan internet Pada E-Business
Clint-side Programming → web browser melakukan parse dan eksekusi sehingga script embedded dalam halaman web.
*Contoh : JavaScript, HTML, VBScript, dll.





Server-side Programming → web server melakukan parse dan eksekusi, sehingga script embedded dalam halaman web.
*Contoh : CGI/Perl, ASP, JSP, PHP, dll.






Contoh dari aplikasi berbasis web pada saat ini sangat banyak variannya karena sebuah pekerjaan yang semula dikerjakan dengan teknik manual maupun aplikasi offline dikembangkan ke aplikasi web based seperti :
  • E-Commerce : describes the concept of conducting transactions between a buyer and a seller over an electronic network (Internet).
  • E-Business : describes all aspects of doing business on/with/through the Internet. E-Business includes all aspects of E-commerce.
  • E-Learning dan E-Government.
  • Dan jenis E-E yang lainnya.
Sedangkan untuk para pengembang atau para developer dari website sendiri dapat dibagi dan dipisahkan menjadi beberapa aktor atau bagian seperti :
  • Web Designer yang membuat desain web.
  • Web Programmer yang membuat script untuk halaman web.
  • Web Administrator yaitu sebagai administrator web.
Ketiga aktor itulah ⇑ yang melakukan tahapan dalam sebuah pengembangan suatu website yang meliputi tahap Web Designing yaitu proses hingga jadi halaman-halaman web secara lengkap dan siap tayang dan tahapan berikutnya adalah Web Deploying yaitu proses untuk membuat website terpasang pada server internet dan dapat diakses oleh orang lain.

Ok,
Sekian dulu artikel Konsep web dan internet Pada E-Business, semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman sekalian. mohon maaf🙏🙏 jika ada kekurangan atau hal-hal lainnya. Jika ada saran atau kritik dari teman-teman bisa langsung komen di bawah ya, itu sangat saya harapkan..
loading...

0 komentar:

Posting Komentar